Berita

Semarak Kegiatan Idul Adha 1439 H di Patbhe

Patbhe Jogja | Berita

Dalam rangka merayakan hari raya Idhul Adha 1439 H, pada hari Kamis, 23 Agustus 2018 SMA N 4 Yogyakarta mengadakan kegiatan penyembelihan hewan kurban di SMA N 4 Yogyakarta, yang terdiri dari satu ekor sapi dan satu ekor kambing. Penyembelihan hewan kurban dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB disaksikan oleh seluruh guru dan siswa, kemudian diadakan lomba memasak daging kurban untuk setiap kelasnya. Lomba memasak diadakan di lapangan tengah Patbhe. Setiap kelas wajib mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti lomba memasak. Lomba memasak diakhiri pada pukul 12.00, kemudian dilanjutkan sholat dhuhur berjamaah. Usai Sholat Dhuhur siswa kemudian makan siang bersama dan dilanjutkan lomba kebersihan kelas.Selain dibagikan untuk dimasak disetiap kelas, daging hewan kurban tersebut juga dibagikan bagi siswa-siswa yang membutuhkan.

Pada hari Jumat, 24 Agustus 2018 acara dilanjutkan dengan penyerahan hewan kurban berupa satu ekor sapi ke daerah Pandak Gilangharjo Bantul. Perjalanan menuju Pandak dimulai pada pukul 07.15 Upacara penyerahan hewan kurban diawali oleh sambutan Bp. Jaka Tumuruna, M.Pd selaku Kepala SMAN 4 Yogyakarta. Dilanjutkan pembacaan ayat suci Al Quran dan penyerahan hewan kurban secara simbolis. Penyembelihan hewan kurban dilakukan pada pukul  09.00 – 11.45. Alhamdulillah serangkaian kegiatan dalam rangka Hari Raya Idul Adha berjalan dengan lancar dan  dapat memberikan banyak manfaat untuk semua pihak serta tahun depan dapat terselenggara lagi dengan lebih baik. Aminn.

 

ABG (Alumni Bagi Bagi)

Patbhe Jogja | Berita

Kegian ABG (“Alumni Bagi-Bagi”) adalah kegiatan berbagi berbagai macam buku yang terdiri dari :

  • Buku SBMPTN
  • Buku UN
  • Buku Paket SMA
  • Soal-Soal Ringkasan TO
  • Ringkasan materi 
  • dll

Kegiatan yang digagas oleh alumni patbhe tahun 2018 di maksudkan untuk menyumbangkan buku-buku yang mereka punya selama Sekolah  dan sudah tidak digunakan lagi kepada adik-adik kelas yang membutuhkan, Kegiatan sederhana tapi sangat bermanfaat ini tentunya sangat di apresiasi sekolah dan oleh adik-adik kelas. 

Semoga kegiatan yang diprakarsai oleh alumni patbhe lulusan 2018 ini bisa menjadi inspirasi untuk adik-adik kelas dan dapat tetap berkelanjutan untuk angkatan-angkatan selanjutnya.

Terimakasih Patbhe angkatan 2018

Istimewanya Upacara Bendera Hari Senin, 30 Juli 2018

Patbhe Jogja | Berita

Ada yang istimewa dengan Upacara bendera di SMA N 4 Yogyakarta hari ini tanggal 30 Juli 2018 dengan kehadiran Bp. Drs. Kadarmanta Baskara Aji Kepala Dinas Dikpora DIY yang bertindak sebagai Pembina Upacara, Team dari Tribun Yogyakarta dan Ibu R.r Suhartati, S.H (Kepala Balai Dikmen Kota Yogyakarta). 

Upacara bendera dimulai yang dimulai pada pukul 07.15 berlangsung dengan hikmat, dalam pidatonya Bp. Baskoro Aji menyampaikan kebanggaannya  atas prestasi siswa-dan siswi SMA N 4 Yogyakarta yang telah berhasil meraih penghargaan sebagai “Young Readers Award (IYRA) atas partisipasi aktifnya dalam pengisian rubrik di Harian Tribun Yogyakakarta. 

Penyerahan piagam “Indonesian Young Readers Award (IYRA) diserahkan langsung oleh Bp. Baskoro Aji dan disaksikan Bp. FX. Agus Nugroho (General Manager Harian Tribun)  kepada team Jurnalistik SMA N 4 Yogyakarta.

Disampaikan juga penyerahan piagam penghargaan kepada

  1. Guru berprestasi kepada Ibu Riani Widiastuti, S.Pd.,M.Pd yang berhasil meraih Juara 2 Guru Berprestasi Kota Yogyakarta yang di serahkan oleh Ibu R.r Suhartati, SH selaku Kepala Dikmen Kota Yogyakarta
  2. Guru berprestasi kepada Ibu Endang Endang Purwatiningsih sebagai pembimbing Jurnalistik.
  3. Siswa dan siswi yang telah meraih Juara Paralel kelas X, dan XI pada tahun ajaran 2017/2018.

Semoga dengan diraihnya berbagai prestasi oleh guru dan siswa dapat membuat SMA N 4 Yogyakarta semagkin maju dan Jaya.

 

Pengenalan Lingkungan Sekolah Siswa Baru SMA 4 Yogyakarta 2018/2019

Patbhe Jogja | Berita

 

LPS Peserta Didik Baru 2018

Senin 16 Juli 2018 Tahun ajaran 2018/2019 dimulai. Kegiatan belajar mengajar di SMA N 4 Yogyakarta sudah aktif kembali setelah libur panjang. Bagi peserta didik baru diadakan event Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) untuk tiga hari kedepan. Event ini bertujuan untuk mengenalkan lingkungan SMA N 4 Yogyakarta kepada peserta didik baru. PLS dilaksanakan tiga hari dengan agenda :

  • Upacara Pembukaan yang dilaksanakan di Lap. Karangwaru dengan Pembina Upacara dari TNI AL Letkol Haryo, upacara berlangsung dengan tertib dan hikmat.
  • Kemudian dilanjutkan berbagai pembekalan seperti pembekalan dari TNI AL dengan tema Kesadaran Berbangsa dan Bernegara, Pencegahan Pornografi dan Napza oleh BNN, dan berbagai pengenalan program OSIS dan MPK.
  • PLS hari kedua diisi dengan pembekalan tentang kebijakan sekolah, kurikulum dan peminatan, ekstrakulikuler dan perpustakaan
  • Dan untuk hari terakhir diisi dengan kunjungan ke Museum Gunung Merapi dan Museum Sentanu.

Dengan berakhirnya PLS Siswa Baru 2018/2019 diharapkan peserta didik baru dapat mengenal  dan mulai mencintai lingkungan SMA N 4 Yogyakarta sehingga untuk ke depannya mereka dapat mengukir banyak prestasi dan mengharumkan nama SMA N 4 Yogyakarta.

—–Selamat Belajar—–

Gelaran Okring PATBHE 2017

Patbhe Jogja | Berita

Obrolan Angkring atau yang kerap disebut Okring adalah program kerja terbesar Kerohanian Islam (Rohis) Al-Ishlah SMA N 4 YOGYAKARTA. Mengambil tema  “Islam Solution for The World” dan menghadirkan tiga pembicara special antara lain Ustadz Zaky A Rivai (penulis “Islam Gak Liberal”,pemain film Tausiyah Cinta), Ustadz Jazir(Ketua Dewan Syuro Takmir Masjid Jogokariyan) dan Ustadz Muhammad Baragbah.

Kegiatan yang dikemas dengan tabligh akbar ini dihadiri kurang lebih 700 peserta dari berbagai kalangan. Sesuatu yang khas dalam kegiatan ini adalah disediakan makanan khas angkringan gratis untuk para peserta. Tak lupa pula banyak doorprize menarik yang juga disediakan. “Alhamdulillah setelah persiapan yang panjang, okring tahun ini bisa lebih bewarna dan sukses dari sebelumnya” ungkap Naufal sangketua umum. “Semoga, panitia okring tahun depan bisa lebih membungkus okring dengan penuh warna dan inovatif” tambahnya.

(Jurnalist Patbhe)

Informasi Kelulusan 2018

patbhelabor | Pengumuman

Pengumuman Kelulusan Tahun 2018

Diumumkan kepada siswa kelas 12 bahwa pengumuman kelulusan akan disampaikan melalui website ini pada hari Kamis 3 Mei 2018 pukul 10.00 WIB. Untuk siswa kelas 12 tidak diperkenankan untuk datang ke sekolah. Untuk pengambilan Surat Keterangan Hasil Ujian/Surat Keterangan Kelulusan akan dilayani pada hari Senin, 7 Mei 2018 mulai pukul 09.00 WIB.

Informasi Kelulusan 2018

Demikian harap menjadikan maklum.

SMA Negeri 4 Juara Futsal DIY-Jateng

Patbhe Jogja | Berita

SMAN 4 Yogyakarta tampil sebagai yang terbaik di Frozen Futsal Festival 2018. Di laga final di GOR Pangukan, Sleman, Minggu (4/3/2018), SMAN 4 yang meluluskan striker Bali United, Martinus Noviantro Ardhi ini mengalahkan SMKN 2 Klaten 2-1.

Sukses itu menjadikan SMAN 4 meraih hadiah Rp5 juta. Sedangkan SMKN 2 Klaten yang menduduki peringkat dua mendapatkan hadiah Rp3 juta.

Tim SMAN 1 Seyegan tampil sebagai juara tiga setelah mengalahkan SMAN 3 Purwokerto 4-3 lewat adu penalti.

Tampilnya empat tim semifinalis dari empat kota yang berbeda menunjukkan persaingan yang merata di kejuaraan itu.

Bahkan tim unggulan seperti SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta tak berkutik. Mereka hanya bertahan sampai perempat final sebelum dikandaskan SMKN 2 Klaten.

Pelatih SMAN 4 Arif Widodo mengungkapkan dia sesungguhnya tak memperkirakan timnya tampil sebagai juara.

Pasalnya, tim tidak melakukan persiapan sama sekali karena informasi yang mendadak terkait kejuaraan.

Aksi pemain <a style='color:#c1272d;text-decoration:none' href='http://bolasport.com/tag/futsal'>futsal</a> SMAN 4 Yogyakarta (oranye) saat melawan SMKN 2 Klaten dalam laga final turnamen <a style='color:#c1272d;text-decoration:none' href='http://bolasport.com/tag/frozen-futsal-festival-2018'>Frozen Futsal Festival 2018</a> di GOR Pangukan, Sleman, Minggu (4/3/2018).”></div>
</div>
<p>“Tidak ada persiapan menghadapi kejuaraan ini. Hanya, pemain memang sudah berlatih rutin di klub maupun di sekolah. Kami melakukan uji coba satu kali sebelum berlaga di kejuaraan ini,” kata Arif yang menyambut gembira adanya event <a href=futsal di Yogyakarta.

Sukses itu menjadikan SMAN 4 meraih hadiah Rp5 juta. Sedangkan SMKN 2 Klaten yang menduduki peringkat dua mendapatkan hadiah Rp3 juta.

Tim SMAN 1 Seyegan tampil sebagai juara tiga setelah mengalahkan SMAN 3 Purwokerto 4-3 lewat adu penalti.

Tampilnya empat tim semifinalis dari empat kota yang berbeda menunjukkan persaingan yang merata di kejuaraan itu.

Bahkan tim unggulan seperti SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta tak berkutik. Mereka hanya bertahan sampai perempat final sebelum dikandaskan SMKN 2 Klaten.

Pelatih SMAN 4 Arif Widodo mengungkapkan dia sesungguhnya tak memperkirakan timnya tampil sebagai juara.

Pasalnya, tim tidak melakukan persiapan sama sekali karena informasi yang mendadak terkait kejuaraan.

“Tidak ada persiapan menghadapi kejuaraan ini. Hanya, pemain memang sudah berlatih rutin di klub maupun di sekolah. Kami melakukan uji coba satu kali sebelum berlaga di kejuaraan ini,” kata Arif yang menyambut gembira adanya event futsal di Yogyakarta.

Menurut sang pelatih, perkembangan futsal usia muda di Yogyakarta sesungguhnya sangat bagus.

Banyak pemain muda bertalenta yang seharusnya mendapat wadah kejuaraan.

Namun kejuaraan futsal antar-SMA mengalami masa vakum karena tidak mendapat izin dari pihak keamanan setelah ada insiden yang menelan korban jiwa dari pelajar.

“Cukup lama kejuaraan futsal mengalami kevakuman. Hanya karena keteledoran satu atau dua oknum akhirnya yang rugi kami semua. Bila ada kejuaraan futsal antar-SMA, persyaratannya pun ketat dan tidak boleh dilaksanakan di GOR yang bisa mengundang massa,” ujar Arif menambahkan.

Kejuaraan Frozen Futsal Festival sendiri rencananya akan digelar di berbagai kota besar di Indonesia.

Laurensius Zauputra, brand manager frozen mineral water, menuturkan ada 10 kota yang bakal digelar kejuaraan futsal.

“Kami lebih mengedepankan kualitas. Jadi kejuaraan tidak digelar di setiap provinsi tapi 10 kota besar di Indonesia. Kami juga merancang adanya putaran nasional di mana juara-juara di berbagai daerah dipertemukan di tingkat nasional,” kata Laurensius.

ANNIVERSARY SMA N 4 YOGYAKARTA KE-68

Patbhe Jogja | Berita

YOGYAKARTA – SMA Negeri 4 Yogyakarta merayakan ANNIVERSARY SMA N 4 YOGYAKARTA KE-68,  Selasa (16/01/2018) . ANNIVERSARY SMA N 4 merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh SMA Negeri 4 Yogyakarta dalam rangka memperingati HUT SMA Negeri 4. Di ulang tahunnya yang ke-68 ini,  kepanitian dari OSIS bekerja sama dengan ekstrakurikuler di PATBHE dalam mengisi dan memeriahkan ANNIVERSARY SMA N 4.

Acara  yang bertemakan “Kebersamaan Menuju Patbhe lebih Maju” ini akan diadakan selama 3 hari. Pelaksanaan donor darah  yang bekerja sama dengan PMI Yogyakarta mengawali rangakaian acara yang dilaksanakan Minggu pagi 14 Januari 2018. Setelah dilanjutkan cek kesehatan gratis dan pameran bazar serta stand makanan.

Pada hari kedua, Senin 15 Januari 2018 acara dilanjutkan dengan pelaksanaan lomba antara lain : rangking I, estafet belut, Fun Climbing, membungkus penukan, mengenakan gagrak Jawa, Futsal & Supporteran.

Puncak acara ulang tahun Patbhe diadakan pada hari Selasa, 16 Januari 2018 diawali dengan pelaksanaan upacara dengan inspektur Upacara oleh Pengawas Pembina Bapak Drs. Rubiatno, MM. Pada upacara ini seluruh peserta mengenakan adat gagrak Jawa untuk mencerminkan sikap warga SMA Negeri 4 yang berpegang teguh pada adat Jawa. Pada saat upacara diadakan pelepasan burung merpati oleh Pembina upacara dan Kepala SMA Negeri 4 Yogyakarta Jaka Tumurana, M.Pd.

Berbagai kegiatan pada puncak acara ulang tahun SMA N 4 Yogyakarta antara lain :

  1. Sarasehan yang diikuti oleh guru, karyawan, alumni serta bapak/ibu guru yang sudah purna. Acara ini diisi oleh Bapak Drs. Rubiyatno, MM. dari Dikpora DIY dan Drs. Haryanto, M.Si (Dosen Fakultas Psikologi UGM).
  2. Faculty Fair & Alumni Talk, nara sumber : Duta Sheilla On 7 dan Agung (alumni) beserta keluarga besar SMA 4 Yogyakarta.
  3. Colour Fan, merupakan acara penutup pada kegiatan ini yang dimeriahkan oleh Reyna Qutrun Nada, Externity dan band-band SMA N 4 Yogyakata.

Gelaran Okring 2017

Patbhe Jogja | Berita

Obrolan Angkring atau yang kerap disebut Okring adalah program kerja terbesar Kerohanian Islam (Rohis) Al-Ishlah SMA N 4 YOGYAKARTA. Mengambil tema  “Islam Solution for The World” dan menghadirkan tiga pembicara special antara lain Ustadz Zaky A Rivai (penulis “Islam Gak Liberal”,pemain film Tausiyah Cinta), Ustadz Jazir(Ketua Dewan Syuro Takmir Masjid Jogokariyan) dan Ustadz Muhammad Baragbah.

Kegiatan yang dikemas dengan tabligh akbar ini dihadiri kurang lebih 700 peserta dari berbagai kalangan. Sesuatu yang khas dalam kegiatan ini adalah disediakan makanan khas angkringan gratis untuk para peserta. Tak lupa pula banyak doorprize menarik yang juga disediakan. “Alhamdulillah setelah persiapan yang panjang, okring tahun ini bisa lebih bewarna dan sukses dari sebelumnya” ungkap Naufal sangketua umum. “Semoga, panitia okring tahun depan bisa lebih membungkus okring dengan penuh warna dan inovatif” tambahnya.

(Jurnalistik Patbhe)